Proyek

Masyarakat bisa terlibat dalam pembangunan,
Perangi Makelar Proyek

Talang Ubi, PM - Makelar kasus ternyata bukan hanya di sektor hukum saja, tapi di bidang pengadaan alias procurement juga marak terjadi Markus Proyek. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam lelang barang/jasa di sektor pemerintahan serta BUMN/BUMD selalu terselip aneka isu mengenai adanya markus pengaturan proyek, mereka bekerja bagai siluman.
     Modusnyapun beragam, mulai dari mengumumkan proyek di media yang tak jelas agar tidak luas diketahui publik, mengumumkan proyek di akhir pekan atau di saat akan libur panjang, proyek diadakan di akhri tahun anggaran agar dengan alasan terjepit waktu maka tidak perlu ditenderkan terbuka, spesifikasi proyek sudah “dikunci “ke merk tertentu saja, spesifikasi memang sangat baik dan perlu agar tidak terjadi salah beli barang/jasa, tapi harus menganut azas logika serta transparan tidak asal ngotot spec tertentu tanpa alasan yang logis, tender diatur–atur agar layaknya arisan dengan membagi fee kepada pendamping, pura-pura menggandeng lembaga penelitian atau lembaga pendidikan, karena dalam aturan kedua jenis lembaga ini tidak perlu melalui penenderan, bisa ditunjuk langsung, dan sebagainya..
     Markus proyek juga ada di swasta, bahkan sekarang ini budaya markus juga banyak terjadi di sektor perusahaan swasta. Sudah jadi rahasia umum juga indikasi praktek Mark Up atas harga terjadi di swasta seperti di industri manufaktur, dan kontraktor. Banyak suplier yang bekerja sama dengan oknum di pabrik agar dapat menjual aneka produknya dengan mengiming-imingi komisi persentase, dan hal ini sudah umum terjadi dibanyak sektor swasta. Ini yang menjadi juga momok sehingga industri dalam negeri menjadi tidak efisien. Kita tahu memang APBN/APBD/ cost recovery migas dan CAPEX dari BUMN memberikan dorongan yang besar bagi perekonomian nasional. Dari proyek itulah kemudian stimulus pembelian aneka barang/jasa berputar.
     Namun proyek di pemerintahan dari dana APBN dan lainnya itu hanya satu layer turun ke pemenang tender. Nah kemudian dari si pemenang tender itulah (yang sering disebut sebagai main kontraktor ataupun main supllier) kemudian proyek tersebut dikerjakan selengkapnya. Artinya main kontraktor/suplier itu dapat satu proyek, namun kemudian harus belanja banyak hal yang lebih kecil untuk menyelesaikan proyeknya tsb. Kalau di dalam perusahaan pemenang tender itu juga ternyata ada markus proyek, maka bisa dibayang-kan betapa tidak efisiennya pengerja-an proyek tsb.
     Untuk itulah, sejak satu dekade lalu upaya menangani korupsi/kolusi dalam hal pengadaan proyek ini, Azas pertama yang perlu diterapkan adalah bahwa keterbukaan informasi akan proyek adalah yang terpenting. Siapa saja harus bisa tahu. (Red.01)

Penulis : Plusminus Pendopo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Proyek ini dipublish oleh Plusminus Pendopo pada hari Tuesday, June 8, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Proyek
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Uji kamu....??

+ / -



KORAN KECIK - Plus Minus, merupakan lembaga kontrol sosial dan wahana komunikasi yang menjalankan fungsinya sesuai dengan perundangan-undangan (UU.40/99).

Karya Jurnalistik (surat kabar) dengan semangat kedaerahannya (spirit glokalisasi) yang dibuat WONG PENDOPO ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah, demi mewujudkan masyarakat PALI bermartabat.

Redaksi : Jl. Gang Masjid No. 24 Pasar Bhayangkara Talang ubi Pendopo - Muara Enim 31211

Telp./Faks: (0713) 390001 -- email:
skuplusminus@yahoo.co.id

COVER

COVER
Edisi Tak Aksi Tak Dikasih

NAK LAGI ?

Pesan, lalu kami akan antar (koran) SKU PLUSMINUS ke alamat tujuan.
Hubungi: Bagian Iklan dan Pemasaran (0713) 390001


Nabila Foto Studio

Bikin Banner

Bikin Banner

Redaksi Plusminus Vol.1

Niage Pleez

Niage Pleez
Sinar Jaya

Bagaimana pendapat anda tentang keberadaan wartawan yang menjalankan fungsinya sebagai Lembaga Kontrol di wilayah anda?

KAYAU : Membantu anda mencari konten yang mungkin anda butuhkan..