Lomba Kreativitas Tong Sampah
Memotivasi masyarakat untuk lebih terlibat


Mengelola sampah Rumah TanggaAdanya upaya mensosialisaikan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan lingkungan hidup yang baru dengan berbagai cara seperti yang dilakukan Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kelurahan se Kecamatan Talang Ubi disambut baik PT Pertamina EP Field Pendopo melalui program Bina Lingkungannya dengan menggelar acara Lomba Kreatifitas Tong Sampah beberapa waktu lalu di Bank Sampah RT 41 Kelurahan Talang Ubi dan melibatkan elemen masyarakat sekitar yang diharapkan dapat menjadi subjek pelaku sebagai individu yang dapat mengelola sampahnya sendiri (rumah tangga) begitu kira-kira UU menyebutkan.
     Lomba yang dimeriahkan peserta dari Sekolah Dasar dan Menengah Pertama serta masyarakat umum di wilayah Kecamatan Talang Ubi ini tentu tidak habis sampai disitu saja, bersama Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim dan Yayasan Arung Khatulistiwa, ketua Panitia yang juga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Talang Ubi Hengky Yohanes, akan melakukan pembinaan lanjutan terkait program yang mengedepankan pemberdayaan dan pengelolaan lingkungan. Salah satu pembinaan yang akan dilakukan baik di sekolah maupun masyarakat skala rumah tangga adalah bagaimana mengelola sampah organik yang dapat dijadikan kompos yang pada akhirnya meberikan nilai tambah bagi pengelolanya.
     Acara yang sedianya telah di susun sedemikian rupa setelah meresmikan kegiatan di Bank Sampah dilanjutkan dengan rencana adanya kunjungan ke Rumah Produksi pengelolaan plastik jadi batal karena panitia belum mendapatkan lokasi yang sesuai dengan perencanaan teknis terkait rencana tersebut, kedepan FKKT masih mengusahakan lahan yang dimaksud.
     Rumah pengolahan plastik merupakan salah satu solusi yang ditawarkan FKKT bagi permasalahan lingkungan terutama yang berkaitan dengan sampah plastik untuk dapat diolah kembali menjadi biji plastik.
     Dukungan dari PT Pertamina sebagai langkah awal kegiatan berupa bantuan pembangunan Bank Sampah serta perangkat dan peralatan pendukung lainnya sudah layak untuk dijalankan namun sayangnya belum ditunjang kader atau relawan-relawan lingkungan yang mumpuni. “Kita akan jalan terus, meski lambat karena program inikan berkaitan dengan urusan sampah, jadi kurang diminati” ujar Hengky saat mendekorasi taman panggung acara MTQ di masjid Al Ihsaniyah (30/5) lalu sebagai salah satu usaha pendamping Bank Sampah FKKT selain usaha penjualan pot kembang dan tanaman hias serta pembuatan taman Bank Sampah juga melayani rental Taman Panggung. (ADV/Red.02)

Penulis : Plusminus Pendopo ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Plusminus Pendopo pada hari Tuesday, June 8, 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 
Reactions: 

0 comments:

Post a Comment

Uji kamu....??

+ / -



KORAN KECIK - Plus Minus, merupakan lembaga kontrol sosial dan wahana komunikasi yang menjalankan fungsinya sesuai dengan perundangan-undangan (UU.40/99).

Karya Jurnalistik (surat kabar) dengan semangat kedaerahannya (spirit glokalisasi) yang dibuat WONG PENDOPO ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah, demi mewujudkan masyarakat PALI bermartabat.

Redaksi : Jl. Gang Masjid No. 24 Pasar Bhayangkara Talang ubi Pendopo - Muara Enim 31211

Telp./Faks: (0713) 390001 -- email:
skuplusminus@yahoo.co.id

COVER

COVER
Edisi Tak Aksi Tak Dikasih

NAK LAGI ?

Pesan, lalu kami akan antar (koran) SKU PLUSMINUS ke alamat tujuan.
Hubungi: Bagian Iklan dan Pemasaran (0713) 390001


Nabila Foto Studio

Bikin Banner

Bikin Banner

Redaksi Plusminus Vol.1

Niage Pleez

Niage Pleez
Sinar Jaya

Bagaimana pendapat anda tentang keberadaan wartawan yang menjalankan fungsinya sebagai Lembaga Kontrol di wilayah anda?

KAYAU : Membantu anda mencari konten yang mungkin anda butuhkan..